Sabtu, 19 September 2009

note book atau net book????mana pilihanmu??

Teknologi yang makin canggih, membuat segalanya jadi terasa ringan, kecil, cepat dan praktis.. Evolusi komputer dalam 1 dekade ini memang dahsyat.. liat saja dari jamannya komputer yang segede ruang tamu sampai ke perangkat mini yang seperti banyak beredar sekarang.Sekarang muncul lagi yang namanya netbook.Apalagi nich? masih saudaranya notebook ya ?
Secara Sederhana , tanpa banyak istilah teknis, Netbook bisa disebut sebagai versi Laptop yang lebih kecil, Ada juga istilah Nettop.Nettop adalah versi desktop (komputer meja) yang lebih mini. Di sini juga ada penekanan pada akses internet yang wajib ada. Netbook dan nettop dihadirkan untuk memberi akses komputer di negara berkembang.
Secara teknis , Netbook adalah istilah baru untuk laptop yang berukuran kecil dengan penekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication. Karena bobotnya yang ringan dan praktis, netbook ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Didalamnya pun sudah ada aplikasi umum seperti Office Suite, Multimedia dan sebagainya. Hanya saja, untuk kebutuhan komputasi yang butuh tenaga besar, kita tidak bisa berharap banyak dari perangkat yang satu ini… lebih baik anda beli laptop aja…kata orang Intel : Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker.Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar.Dilihat dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci
Berikut beberapa produk yang bisa dikategorikan sebagai netbook (harga bisa berubah tanpa pemberitahuan dari penulis .. heheh) :
* Intel Classmate PC dan Intel Anoa
Menggunakan prosesor Intel Mobile Processor ULV 900Mhz, memori DDR2 256 dan 512MB. Hardisk yang tidak konvensional lagi, tetapi menggunakan 2 GB NAND Flash (Windows XP) dan 1 GB NAND Flash (Linux). Harga Rp 3 jutaan. Tahan banting karena Netbook ini memiliki balutan casing khusus.Hardisk dapat ditambah dengan USB flash disk. Fitur software yang menarik adalah dukungan pada software e-learning. Sebuah pembelajaran di ruang kelas yang mengandalkan fungsi multimedia. Dilengkapi dengan dua kontrol berbeda, yaitu Student Control dan Teacher Control, fitur ini siap diluncurkan ke sekolah yang membutuhkan pembelajaran multimedia. Ada lagi fitur andalan bagi orangtua, yaitu software filter untuk membatasi akses komputer dan internet anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar